Script Query Pada PHP+MySQL

Kamis, 31 Maret 2011

|

Setelah lama saya tidak membuat postingan pada kesempatam kali ini saya akan memposting  tentang
Script Query Pada PHP+MySQL

MySQL merupakan RDBMS (Relational DataBase Management System)
yang mendukung penuh SQL (Structure Query Languange) dan database yang powerful, cocok untuk scope pemrograman besar maupun kecil. MySQL mampu menampung tabel sampai dengan 4TB(Terra Byte). Kapasitas yang tidak kecil lagi.
sebelum melakukan query sebaikya terlebih dahulu menentukan database mana yang mau digunakan dengan command dimana mysql_select_db(‘mydb’); mydb adalah nama database yang kita gunakan. Query yang akan dibahas disini merupakan query-query standar yang sering kita gunakan, agar cepat dimengerti kita bahas satu-persatu.



  • INSERT : merupakan perintah untuk menambahkan record / row/ baris ke dalam tabel. INSERT INTO nama_tabel () VALUES(); nama_tabel merupakan nama dari tabel yang akan di tambah recordnya. values isian yang akan dimasukkan. Contoh : Tabel buku_telepon akan ditambahkan pada field nama dan nomor yang nilainya dyatmika, 0818111111 jadi commandnya INSERT INTO buku_telepon (nama,nomor) VALUES(‘dyatmika’,’0818111111′);
  • SELECT : perintah untuk memilih data/record yang telah terisi. untuk memilih record yang lebih spesifik diperlukan primarykey. sintak SELECT * FROM nama_tabel where primarykey. contoh: gunakan data spt contoh diatas. sintaknya : SELECT * FROM buku_telepon where nama=’dyatmika’; sintak ini akan memilih record yang bernama dyatmika. untuk memilih seluruh isi tabel buku_telepon sintaknya : SELECT * FROM buku_telepon.
  • UPDATE : perintah untuk merubah data / record yang telah ada isianya. dalam perintah update ini diperlukan primary key yang mau diupdate. Sintaks : UPDATE nama_tabel SET namafield=values where primarykey; contoh: sama dgn diatas kita akan mengupdate isian nomor pada record dyatmika dengan 0370641111, jadi sintaknya UPDATE buku_telepon set nomor=’ 0370641111′ where nama=’dyatmika’;
  • DELETE : perintah untuk menghapus record yang ada dalam tabel. Sama halnya dengan update disini diperlukan primarykey untuk menghapus record yg spesifik. Sintaknya : DELETE FROM nama_tabel WHERE primarykey; contoh: sama halnya dengan contoh diatas kita akan menghapus record dyatmika. sintaknya : DELETE FROM buku_telepon where nama=’dyatmika’;
Dari sintak-sintak query diatas penerapnnya di PHP hanya dengan menambahkan kode di halaman PHP anda dengan terlebih dahulu melakukan koneksi dan select database.


<?php
$hasil
= mysql_query("INSERT INTO buku_telepon(nama,nomor) VALUES('dyatmika','0818111111')"
);
if (!
$hasil) {
die(
'Query Salah: ' . mysql_error());
}
?>

<?php
$hasil
= mysql_query("SELECT buku_telepon FROM *");
if (!
$hasil) {
die(
'Query Salah: ' . mysql_error());
}
?>

untuk menampilkan hasil dari query dari perintah SELECT dengan sintak mysql_fetch_array($hasilquery); dan sintak WHILE (pengulangan)
<?php
while($r
=mysql_fetch_array($hasil) {
echo $r[nama] $r[nomor];

}
?>

pengulangan akan terus dilakukan sampe baris terakhir.
<?php
$hasil
= mysql_query("UPDATE buku_telepon SET nomor='03706111111' WHERE nama='dyatmika'");
if (!
$hasil) {
die(
'query salah: ' . mysql_error());
} else { echo "Berhasil"; )

?>
<?php
$hasil
= mysql_query("DELETE FROM buku_telepon WHERE nama='dyatmika'");
if (!
$hasil) {
die(
'query salah: ' . mysql_error());
} else { echo "Berhasil"; )

?>
Ini mungkin masih query yang sederhana.. anda dapat mengembangkan lebih bagus lagi menurut ide dan kreatifitas anda. Semoga Bermanfaat.

1 komentar:

Anto's Blogger mengatakan...

Ok Bos.. sip dah.,..
Ijin Kopas...

Posting Komentar

Followers

Popular Posts

About Me

Foto saya
Aku Akan Belajar Dengan Serius

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

free counters
Diberdayakan oleh Blogger.